PELAYANAN RUQYAH : Anda ingin terhindar dari gangguan Jin, Setan , Santet dan Sihir Maka Dirukyah

Jangan Berobat ke Dukun yang hanya menambah derita dunia dan akhirat.

Layanan Pengobatan Kami Sesuai Syar`i

Layanan Pengobatan kami dibantu doanya anak-anak dhuafa yang mengaji bukan dengan sesaji dan bantuan Jin.

ANDA BISA TERBANTU KAMI JUGA TERBANTU

Seluruh Infaq Anda Untuk Kegiatan Dakwah dan Kegiatan Pendidikan Diniyah.

Melayani Bimbingan Tesis 5

Buat Yang Sedang Bingung Membuat Skripsi dan Tesis Kami Juga melayani Bimbingan Dan Konsultasi.

Selasa, 29 Januari 2013

SIFAT-SIFAT BANGUN, CONTOH MACAM KALIMAT/KATA

SIFAT-SIFAT BANGUN, CONTOH MACAM KALIMAT/KATA

Bagi adik-adik yang ingi belajar sifat – sifat bagun, baik itu bangun datar maupun bangun ruang , klik di Link ini untuk mengetahuinya, semoga bisa menambah pengetahuan atau membantu bagi yang sedang belajar bentuk bangun , jadi kalau adik adik ada tugas PR untuk mengetahu sifat – sifat bangun
Disamping itu kami juga kami sediakan link untuk mengetahu berbagai macam kalimat , diantaranya Kalimat Homonim, Homofon, Homograf, Polisemi, bagi kamu yang ingin tahu buka link disini

Minggu, 13 Januari 2013

Cara Membuat Laporan Study Tour, Widya Wisata 2


LAPORAN WIDYA WISATA
JAKARTA-BANDUNG : 19 s/d 23 JANUARI 2009


Oleh :

MUHAMMAD NAWAB AL HASAN
NIS : 5906


PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 SIDAYU
TAHUN PELAJARAN 2009-2010
LEMBAR PENGESAHAN

“ Laporan ini telah diterima dan disahkan oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Sidayu, pada :
hari :
tanggal :
Sidayu ,Januari 2009

Mengetahui ,

Kepala Sekolah Pembimbing


Drs. Syaiful Hafid, SH, M.Pd Heri Wigati S.Pd
NIP. 131 782 024 NIP. 510 173 342



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrohim

Tiada kata yang dapat kami ucapkan kecuali sanjungan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan taufiq serta hidayah-Nya kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Widya Wisata ini. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah mengangkat harkat dan martabat manusia dengan Akhlakul Karimah.
Laporan Widya Wisata ini berguna untuk memenuhi sebagian dari syarat guna memperoleh penilaian di SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Oleh karena itu, dengan selesainya laporan Widya Wisata ini penulis ucapkan banyak terima kasih kepada :
Bapak Drs. Saiful Hafid, SH, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sidayu Gresik.
Ibu Heri Wigati S.Pd Pembimbing laporan Widya Wisata yang secara intensif memberikan pengarahan dan bimbingan hingga terselesainya laporan Widya Wisata ini dan sekaligus selaku wali kelas XI-IA3 di SMA Negeri 1 Sidayu, beserta Bapak dan Ibu Guru yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengadakan penelitian.
Orang tua dan keluarga yang tak henti-hentinya memberikan motivasi kepada penulis hingga penulis bisa menyelesaikan laporan Widya Wisata ini.
Kepada teman-teman terdekat dan semua pihak yang telah membuat lancarnya penulisan laporan Widya Wisata ini.
Semoga jasa baik dan bantuan yang telah diberikan, mendapat imbalan dari Allah SWT dan dicatat sebagai amal sholeh.
Dengan demikian meskipun telah banyak bimbingan, pengarahan dan petunjuk serta saran-saran yang penulis peroleh, dimana penulis berusaha untuk sebaik mungkin dalam penulisan laporan Widya Wisata ini, tetapi penulis sebagai manusia tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, mudah-mudahan tidak menjadikan sebagai hambatan dan masalah, tapi sebagai awal untuk melangkah keberhasilan sesuai dengan apa yang penulis cita-citakan.
Akhirnya, hanya panjatan do’a semoga laporan Widya Wisata ini bermanfaat bagi kita semua umumnya, terutama berperan serta untuk mewujudkan cita-cita bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sidayu, Januari 2009



Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...............................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ii
KATA PENGANTAR...........................................................................................iii
DAFTAR ISI..........................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang...........................................................................1
Rumusan Masalah.....................................................................2
Tujuan Penelitian.......................................................................2
Landasan Teori..........................................................................2
Metode Penelitian......................................................................3
BAB II PENYAJIAN DATA
Latar Belakang Objek................................................................5
Sejarah PP-IPTEK.....................................................................5
Ruang Lingkup PP-IPTEK........................................................7
BAB III PEMBAHASAN
Sejarah .......................................................................................9
Bagian-bagian Pada Mesin mobil................................................
Sistem kerja Mesin Mobil............................................................
BAB IV PENUTUP
Simpulan..................................................................................16
Saran.........................................................................................17
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................18



E.Metode Penelitian

Dalam penyusunan laporan Widya Wisata ini ada beberapa penambahan berdasarkan uraian yang ada pada buku-buku dan artikel dari internet yang penulis ambil dari inti sarinya kemudian penulis menguraikan dengan kemampuan baik tenaga dan daya pikir. Dalam penulisan laporan Widya Wisata ini, penulis memakai 2 teknik pengumupulan data, yaitu :
1. Riset Lapangan
Adapun riset lapangan meliputi 2 cara, yaitu :
a. Metode Observasi
adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala-gejala yang diteliti. ( Hadi dkk;1998:94 ).
Untuk memperoleh data / informasi secara langsung dalam menyusun laporan Widya Wisata ini, penulis bisa memperoleh dari tempat yang menjadi objek secara langsung yaitu di PP-IPTEK.
b. Metode Perpustakaan
adalah tanya-jawab langsung secara lisan dua orang atau lebih secara langsung. ( Hadi dkk;1998:94 ).
Dengan adanya informasi objek secara langsung melalui metode observasi tadi, maka penulis melakukan tanya jawab dengan pihak terkait secara langsung dengan objek yang ada di sekitar, yaitu dengan petugas yang ada di PP-IPTEK.
2. Riset Perpustakaan
Dalam riset ini data dapat diperoleh melalui buku-buku perpustakaan dan buku-buku ilmiah serta artikel-artikel dari internet yang mempunyai kaitan dan mendukung dalam penyusunan laporan Widya Wisata ini.




BAB II

PENYAJIAN DATA


Latar Belakang Objek

PP-IPTEK adalah suatu sarana pendidikan luar sekolah yang memadukannya dengan unsur hiburan untuk memperkenalkan iptek kepada masyarakat segala usia secara mudah, menarik dan berkesan melalui berbagai kegiatan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan mainkan. Diharapkan melalui interaksi pengunjung dengan alat peraga akan dapat mendorong tumbuhnya pemikiran pada diri pengunjung tentang APA, MENGAPA, BAGAIMANA Iptek digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan kehidupan manusia.
Kegiatan utama di Peragaan Iptek adalah menyajikan berbagai peragaan Iptek yang dapat diindera pengunjung, interaktif dan dapat disentuh & mainkan. Kegiatan penunjangnya adalah menyelenggarakan berbagai kegiatan khusus ditujukan bagi siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMA, seperti : Kegiatan Sanggar Kerja, Demontrasi Iptek, Sains Fair, Kegiatan Ilmiah Sabtu-Minggu, Lokakarya Iptek Siswa dan kegiatan ilmiah lainnya yang berhubungan dengan iptek.
Kegiatan lain yang dilakukan Peragaan Iptek di luar lingkungan Gedung Peragaan Iptek, yakni kegiatan Sains Keliling (Outreach Program). Sains Keliling adalah kegiatan membawa 1 paket peragaan interaktif berukuran mini kesekolah-sekolah lengkap dengan kegiatan sanggar kerja dan demontrasi ilmiah.



Sejarah PP-IPTEK
PP-IPTEK yang berlokasi di TMII diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Dengan ini tersedia sarana pendidikan luar sekolah yang menyampaikan informasi perkembangan Iptek. Pusat ini memberi kesempatan kepada pengunjung untuk bukan hanya melihat rahasia dan gejala alam yang diperagakan, tetapi juga mempelajarinya dengan menggunakan indera pendengar, pencium dan peraba melalui manipulasi, operasi dan eksperimen. Paduan antara pengalaman nyata serta gagasan abstrak inilah yang membawa seseorang pada pemahaman serta pengetahuan baru. Melalui peragaan diberikan kesempatan kepada masyarakat pengunjung untuk secara mandiri menjajagi kekayaan Iptek . Pembelajaran tidak hanya terjadi melalui proses mengingat atau mengulang di luar kepala, tetapi melalui proses akomodasi dan asimilasi, secara aktif alat peraga dapat menggugah pembelajaran sesuai learning style pengunjung, dengan demikian pengunjung diajak untuk bertanggung jawab terhadap pembelajarannya tersendiri. Gagasan pendirian PP-IPTEK muncul bersamaan dengan pembangunan PUSPIPTEK ( Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ) di Serpong tahun 1978, namun gagasan tidak berlanjut. Dengan surat keputusan Menristek nomor 15/M/Kp/IX/1984 dibentuk panitia kerja untuk melakukan pengkajian ulang menyangkut : konsepsi dasar pembangunan, teme-tema peragaan, system pengelolaan, arsitektur. Baru beberapa tahun kemudian ( 1987 ) berita pembangunan PP-IPTEK ramai dibicarakan di media masa. Keuangan Negara pada saat itu tidak memungkinkan realisasi program PP-IPTEK sesuai dengan yang tertera dalam Rencana Induk Mei 1987, karena dipandang perlu untuk melaksanakan pembangunan PP-IPTEK secara bertahap.
Pada tahun 1987 dilakukan usaha pengenalan PP-IPTEK kepada masyarakat luas melalui penyelenggaraan pameran Fisika dan Matematika bekerja sama dengan Perancis di gedung Pengelolaan TMII. Pameran dibuka oleh Menteri P dan K ( Prof. Dr. Fuad Hasan ) dan Asisten Menteri Riset dan Teknologi ( Prof. Dr. Didin S. Sasatrapraja ), mewakili Menristek. Dari bulan Januari 1988 sampai dengan 1990 di gelar peragaan bidang IPA di Istana Anak-anak Indonesia di TMII sebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP Jakarta. Pada tanggal 20 april 1991 diresmikan gedung sementara PP-IPTEK seluas 1.000 m2 oleh Presiden Soeharto yang berlokasi di gedung Skylift-TMII yang sudah direnovasi. Pada tanggal 26 Januari 1994 awal pembangunan PP-IPTEK yang permanen seluas 20.000 m2. Ibu Tien Soharto selaku pelindung melakukan awal pemboran untuk tiang utama pondasi, disaksikan oleh pejabat negara budang Iptek, diantaranya: Menristek, Dirjen Badan Tenaga Atom Nasional dan Ketua LIPI, General Manager TMII serta para undangan. Gedung PP-IPTEK yang permanen ini memperoleh lokasi utama di TMII, yaitu poros kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian.

Ruang Lingkup PP-IPTEK

Berbeda dengan museum yang hampir seluruh benda koleksinya merupakan barang-barang yang memiliki nilai historis atau replikanya, maka seluruh benda koleksi di Peragaan Iptek merupakan alat-alat peraga interaktif yang sebagian besar bersifat dapat disentuh & mainkan. Benda-benda koleksi tersebut disajikan sama sekali bukan untuk menonjolkan aspek nilai histories melainkan pada aspek fenomena yang disampaikan alat peraga. Oleh sebab itu bila hampir diseluruh museum para pengunjungnya dilarang untuk menyentuh dan memegang benda-benda koleksi / alat peraga, tetapi di Peragaan Iptek pengunjung harus menyentuh, memegang, bermain-main dan berinteraksi dengan alat peraga. Karena tanpa melakukan aktivitas tersebut pada alat peraga, maka pengunjung sama sekali tidak akan merasakan manfaat dan mendapatkan pengetahuan dari sebuah alat peraga.
Alat peraga interaktif ada yang berbentuk artifak seperti diorama dan ada yang berbentuk alat peraga sentuh dan mainkan. Alat peraga interaktif sentuh dan mainkan adalah peragaan interaktif yang mekanisme operasinya memerlukan interaksi fisik antara pengunjung dengan alat peraga. Pada saat ini alat-alat peraga di peragaan Iptek berjumlah kurang lebih 250 buah. Hampir seluruhnya merupakan alat peraga interaktif sentuh mainkan. Alat-alat peraga ini terbagi dalam 13 (tiga belas) wahana, yaitu : Wahana Ilmu Dasar, Wahana Transportasi Darat, Wahana Transportasi Laut, Wahana Transportasi Udara, Wahana Antariksa, Wahana Fluida, Wahana Optika, Wahana Galileo, Wahana Mekanika, Wahana Matematika, Wahana Lingkungan & Energi, dan wahana Telekomunikasi serta Arena Peneliti Cilik. Seluruh alat peraga ini nantinya akan terus dikembangkan baik dari jenis peragaannya maupun jumlahnya. Keseluruhan alat peraga tersebut tersebar di tiga lantai galeri dan bangunan pusat.

LANTAI 1 (DASAR)
Wahana Listrik & Magnet (18 alat peraga)
Wahana Getaran & Gelombang
Wahana Mekanika
Wahana Fluida

LANTAI 2
Wahana Optik (Istana Cahaya)
Wahana Sumber Alam & Energi
Wahana Transportasi
Wahana Peragaan Galileo
Wahana Matematika
Wahana Komputer
Wahana Antariksa

LINGKARAN TENGAH (BANGUNAN PUSAT)
Wahana Biologi
Cluster Ilusi Mata

BAB III

PEMBAHASAN

A. Sejarah
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di A.S.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya "Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.


B.Bagian-Bagian utama Mobil
· Mesin
o Karburator atau injeksi bahan bakar
o Pompa bahan bakar
o Konfigurasi mesin: Wankel atau reciprocating (V, inline, flat).
o Sistem pengaturan mesin
o Sistem pembuangan
o Sistem ignisi
o Self starter
o Alat Kontrol emisi
o Turbocharger dan supercharger
o Mesin depan
o Mesin belakang
o Mesin tengah
· Ancillary power - mekanik, elektrik, hidrolik, hampa udara
· Penggerak
o Transmisi (kotak gigi)
§ Transmisi manual
§ Transmisi semi-otomatis
§ Transmisi otomatis
o Layout
§ FF layout
§ FR layout
§ MR layout
§ RR layout
o Drive Wheels
§ 2 wheel drive
§ Penggerak 4 roda/4 wheel drive
§ Front wheel drive
§ Rear wheel drive
§ All wheel drive
o differential
§ Limited slip differential
o As Roda /axle
o Live axle
· Rem
o Rem cakram
o Rem drum
o Sistem rem anti terkunci/ Anti-lock braking sistem (ABS)
o Electronic brake-force distribution (EBD)
o Sensotronic brake control (SBC)
o Brake assist (BA)
o Hill descent control (HDC)
o Stand-by brake
o Kontrol kestabilan
· Roda dan ban
o Roda khusus
· Setir
o Rack and pinion
o Ackermann steering geometry
o Sudut Castor
o Sudut Camber
o Kingpin
· suspensi
o MacPherson strut
o wishbone
o Double wishbone
o multi-link
o torsion beam
o Semi-trailing arm
o as roda
· Bodi
o Zona benturan/Crumple zone
o Konstruksi Monocoque (unibody)
o Suicide doors
o spoiler
· Perlengkapan interior
o Passive safety
§ Sabuk pengaman atau seat-belt
§ Kantung udara
§ Kunci pengaman anak
o Dashboard
§ Takometer
§ Speedometer
o Shifter for selecting gear ratios
o Perlengkapan tambahan seperti stereo, pendingin udara, cruise control, telepon mobil, positioning systems, pemegang gelas, dsb.
· Perlengkapan luar
o Jendela
§ Power window
§ Windshield

C. Kerja Mesin Mobil

Mesin mobil empat langkah atau 4 tak adalah mesin mobil dimana untuk melakukan satu kerja diperlukan 4 langkah gerakan torak atau 2 kali putaran poros engkol. Siklus kerja mesin mobil empat langkah: (Rogowski, 1983, p. 365).

1.Langkah Pemasukan/hisap

Pada langkah ini torak bergerak dari TMA (titik mati atas) menuju ke TBM (titik mati bawah) dan pada saatini katup masuk terbuka. Karena gerakan torak ini maka tekanan didalam silinder turun (lebih rendah dibandingkan tekanan atmosfir), sehingga udara segar dari atmosfir masuk ke dalam silinder. Langkah ini berlangsung sampai torak mencapai TBM.

2. Langkah Kompresi

Langkah kompresi terjadi setelah langkah pemasukan selesai. Pada langkah ini semua katup tertutup, torak bergerak dari TBM menuju ke TMA yang mengakibatkan udara segar terkompresi di dalam silinder sehingga tekanan dan temperaturnya naik. Kenaikan tekanan ini dapat mencapai 4 mpa (600 psi) sedangkan kenaikan temperatur dapat mencapai 800 K tergantung pada rasio kompresi serta ukuran mobil yang digunakan. Saat torak hampir mencapai TMA, bahan bakar disemprotkan (diinjeksikan) ke dalam ruang bakar melalui injektor sehingga membentuk kabut campuran udara bahan bakar. Dan karena temperatur dalam ruang bakar tersebut melampaui temperatur penyalaan bahan bakar, maka campuran udara bahan bakar tersebut akan segera terbakar.

3. Langkah Kerja atau ekspansi

Langkah ini merupakan lanjutan langkah kompresi. Pada langkah ini semua katup masih dalam kondisi tertutup. Sebagai akibat dari terbakarnya campuran udara bahan bakar dalam ruang bakar, maka tekanan dalam ruang bakar meningkat dengan cepat sehingga mendorong torak bergerak dari TMA menuju TMB, terjadilah kerja/tenaga yaitu pengubahan energi thermis menjadi energi mekanis.

pembakaran
minyak bakar yang disemprotkan ke dalam silinder berbentuk butir – butir cairan yang halus. Oleh karena udara di dalam silinder pada saat tertentu sudah bertemperatur dan bertekanan tinggi maka butir – butir tersebut akan menguap. Penguapan butir bahan bakar itu dimulai pada bagian permukaan luarnya, yaitu bagian yang terpanas. Uap bahan bakar yang terjadi itu selanjutnya bercampur dengan udara yang ada di sekitarnya. Proses penguapan itu berlangsung terus selama temperatur sekitarnya mencukupi. Pembakaran dalam mesin mobil terjadi karena adanya bahan bakar solar yang diinjeksikan ke dalam silinder yang berisi udara dengan temperatur tinggi akibat langkah kompresi dan membentuk kabut bahan bakar.
Proses pembakaran dapat dipercepat antara lain dengan jalan memusar udara yang masuk ke dalam silinder, yaitu untuk mempercepat dan memperbaiki proses pencampuran bahan bakar dan udara. Proses pembakaran ini tidak terjadi sekaligus tetapi memerlukan waktu dan terjadi beberapa tahap. Disamping itu penyemprotan bahan bakar jika tidak dapat dilaksanakan sekaligus tetapi berlangsung antara 30 – 40 derajat sudut engkol, seperti pada gambar 2.2. (Arismunandar, 1983, p. 39).



Sistem Pelumasan
Sistem pelumasan mensuplai minyak pelumas ke semua bagian – bagian bergerak pada mesin. Pompa oli mengambil oli dari oil pan. Pompa mengirim oli melewati filter oli dan di teruskan ke bantalan – bantalan (bearings) utama yang mendukung crankshaft. Beberapa oli mengalir dari bearing utama melewati lubang – lubang oli di crankshaft pada bearing poros engkol. Oli mengalir melalui jarak bearing oli dan di keluarkan pada bagian – bagian bergerak. Pada waktu yang sama, oli mengalir melewati saluran oli di kepala silinder. Ada aliran oli melewati saluran oli tersebut untuk melumasi bantalan camshaft dan bagian – bagian katup. Setelah oli bersirkulasi ke semua bagian – bagian mesin, kemidian turun kembali ke oil pan.
Pada mesin mobil putaran tinggi penyaluran minyak pelumas ke permukaan torak dan silinder yang saling bergesekan, di lakukan oleh percikan minyak pelumas dari pena torak dan pangkal batang penggerak yang di sebabkan oleh gaya sentrifugal. Pelumasan bantalan pangkal batang penggerak di lakukan dengan jalan menyalurkan minyak pelumas dari bak minyak pelumas dengan:
10W – 30 untuk iklim sedang seperti di kawasan Inggris
20W – 50 untuk cuaca panas seperti di kawasan Indonesia
kualitas oli di simbulkan oleh API (American Petroleum Institute). Ada dua tipe API, S (Service) atau bisa juga (S) diartikan Spark – plug ignition (pakai busi) untuk mobil bermesin bensin. C (Commersial)diaplikasikan pada mobil bermesin diesel. Contohnya kategori C adalah CF, CF – 2, CG – 4. bila menggunakan mesin diesel pastikan memakai kategori yang tepat karena oli mesin diesel berbeda dengan oli mesin bensin karena karakter diesel yang banyak menghasilkan kontaminasi jelaga sisa pembakaran lebih tinggi. Oli jenis ini memerlukan tambahanaditif dispersant dan detergent untuk menjaga oli tetap bersih sebagai tambahan, bila oli yang digunakan sudah tipe sintetik maka tidak perlu lagi diberikan bahan aditif lain karena justru akan mengurangi kinerja mesin bahkan merusaknya.
Unjuk Kerja Mobil
Unjuk kerja di suatu mobil penggerak mula sangatlah di utamakan, karena dengan diketahuinya spesifikasi faktor dari daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik & effisiensi thermis dari suatu mobil, maka mobil tersebut dapat di beri penilaian dengan adanya perbandingan dari satu tipe mobil dengan tipe yang lain. Untuk dapat melihat setiap faktor diatas lebih teliti, maka adanya peralatan dan perhitungan yang mendukung dan membantu untuk mengetahui setiap faktor dari suatu mobil.
Untuk mengukur torsi & daya dari mobil menggunakan alat Dynamometer. Macam – macam dari dinamometer adalah dinamometer rem air (water brake dynamometer), dinamometer listrik (generator) dan dinamometer rem gesek (rem prony). Pada waktu percobaan di Laboratorium konversi energi menggunakan dinamometer rem air (water brake dynamometer), dimana prinsip kerjanya sama semua, yaitu poros dari mobil dihubungkan dengan poros dari mobil yang akan diuji. Mobil tersebut dikopel dengan stator secara elektris, magnetis, hidrolis maupun mekanis (gesekan). Dalam satu siklus dari poros mobil, titik tertentu yang berada pada diameter terluar dari mobil (jari – jari r) akan bergerak sepanjang 2.Ï€.r melawan gaya kopel(f), sehingga kerja per siklus dapat di rumuskan sebagai berikut:
W=2·Ï€r·f

Kerja W akan diimbangi oleh kerja yang diakibatkan oleh momen luar sebesar 2 π.R.P , sehingga di hasilkan keseimbangan momen: r.f=P.R
Jadi dalam suatu siklus polros motor, kerja yang dilakukan W=2 π.R.P, dan jika motor berputar dengan n rpm, maka kerja permenit yang lebih dikenal denga daya, N dapat dinyatakan dengan: N=2 π.n.P.R

4.Langkah pembuangan

pada langkah ini katup mdalam kondisi terbuka dan katup masuk kondisi tertutup. Sementara, torak bergerak dari TMB ke TMA sehingga gas sisa pembakaran yang tidak terpakai lagi terdorong keluar melalui katup buang. Saat torak mencapai TMA katup buang tertutup dan katup masuk mulai terbuka, selanjutnya siklus mulai berulang.




BAB IV


Kesimpulan

Mesin mobil terdiri dari beberapa bagian yang memepunyai fungsi kompleks dan menjadi satu bagian dan kesatuan untuk melaksanakan suatu kerja.
Sistem kerja mesin mobil menggunakan asa mesin uap yang dikembangkan dari teori dan hukum termodinamika I dan II
Sitemkerja mobil terdiri dari beberapa langkah, yakni: penghisapan, kompresi, kerja atau expansi, dan pembuangan.


B. Saran
Dari penelitian yang penulis lakukan dari tempat yang menjadi objek secara langsung yaitu di PP-IPTEK secara keseluruhan dapat dikatakan baik, akan tetapi ada beberapa kekurangan yang perlu dipenuhi. Oleh karena itu, penulis memberi saran sebagai berikut :
1. PP-IPTEK merupakan salah satu sarana pendidikan IPTEK yang tidak ternilai harganya, untuk itu kita harus tetap melestarikannya.
2. Masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan PP-IPTEK, untuk itu penyebar-luasan informasi perlu ditingkatkan.
3. Pelayanan yang diberikan oleh pihak PP-IPTEK harus ditingkatkan agar para pengunjung akan mengulangi kunjungannya pada PP-IPTEK ini dan juga pihak PP-IPTEK lebih menambah lagi koleksi alat peraganya.
4. Pemerintah seharusnya memberikan sesuatu yang lebih untuk meningkatkan kualitas PP-IPTEK ini karena merupakan aset negara yang sangat berharga.


Cara Membuat Laporan Study Tour, Widya Wisata


LAPORAN STUDY TOUR



Disusun oleh:
Avis Mahya Ubaidillah  (4)
Deny Virgiawan             (8)
   Fatchurochim                 (15)
   Heru Shokhibul Burhan (18)


SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
3 BAWEN
2012











PENGESAHAN
            Laporan Karya Wisata SMP Negeri 3 Bawen ini yang berjudul “Laporan Study Wisata JAKARTA-BOGOR-BANDUNG 2012” telah diteliti dan disahkan  pada:

Hari                 :
Tanggal           :



Disetujui oleh:
Guru pendamping 1                                                                Guru Pendamping 2


(Ery Sumeni S.pd)                                                                  (Rini Pralisetiawati S.pd)
NIP  196603061994122001                                                   NIP  19704071992932005

 Mengetahui Kepala Sekolah




Drs. Tri Widodo
NIP 196803111995121001



MOTTO



Berangkat dengan penuh keyakinan
Berjalan dengan penuh keikhlasan
Istiqomah dalam menghadapi cobaan
(Muhammad Zainuddin Abdul Madjid)


Jangan tunda sampai besuk, jika bisa dikerjakan hari ini


Jika sedang benar, jangan terlalu berani
Dan
Jika sedang takut, jangan terlalu takut
(Mario Teguh)




KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan YME berkah limpahan  rahmat dan HidayahNya sehingga karya tulis yang berjudul “LAPORAN STUDY WISATA JAKARTA-BOGOR-BANDUNG 2012” dapat kami selesaikan..
Semoga Tuhan YME memberi rahmat dan hidayahNya kepada semua pihak yang telah membantu kami. Kami menyadari bahwa Laporan yang kami susun ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan Laporan ini.
Dalam kesempatan ini, kami megucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam proses penyelesaian karya tulis.
Ucapan terima kasih tersebut kami tunjukan kepada yang terhormat            :
1.      Bapak Drs. Tri Widodo, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Bawen yang telah bertanggung jawab terhadap segala urusan karya wisata baik bertanggung jawab keluar maupun ke dalam.
2.      Bapak Drs. Sunarso, selaku Wakil Kesiswaan SMP Nergeri 3 Bawen yang telah mengkoordinasi seluruh program kegiatan dan pelaksanaannya serta melaporkan kepada penanggung jawab.
3.      Ibu Dra. Atifah Khayati, selaku wali kelas VIII A.
4.      Ibu Ery Sumeni S.pd dan Ibu Rini Pralisetiawati S.pd, selaku pembimbing karya tulis yang turut membantu dan membimbing kami dalam pembuatan karya tulis ini.
5.      Bapak/Ibu Guru pendamping selama dalam  perjalanan.
6.      Bapak/Ibu Guru yang lain yang telah membantu dalam pembuatan karya tulis.
7.      Bapak/Ibu Guru yang telah membantu dalam kelancaran karya wisata.
8.      Orang Tua yang telah memberi do’a restu.
9.      Dan banyak lagi pihak-pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
Akhirnya kami berharap semoga “LAPORAN STUDY WISATA JAKARTA-BOGOR-BANDUNG 2012” ini dapat memenuhi harapan kita semua. Amin...
Semarang, Mei 2012

                   Penyusun
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.......................................................................................     i
HALAMAN PENGESAHAN...........................................................................     ii
MOTTO........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR.....................................................................................     iv
DAFTAR ISI................................................................................................     v
BAB      I   PENDAHULUAN
1.1.LatarBelakang Masalah................................................................    1
1.2.     Ruang Lingkup..........................................................................    1
1.3.     Permasalahan............................................................................    2
1.4.     Tujuan.......................................................................................    2
1.5.     Metode.......................................................................................   2
1.6.     Manfaat.....................................................................................    2
1.7.     Sistematika................................................................................   3
BAB   II OBYEK WISATA YANG DIKUNJUNGI
2.1.       Gelanggang Samudra Ancol.......................................................   3
2.2.       Dunia Fantasi............................................................................   6
2.3.       Planetarium...............................................................................   7
2.4.       Museum PP IPTEK-TMII............................................................   8
2.5.       Kebun Raya Bogor......................................................................   9
2.6.       Taman Safari Bogor....................................................................  12
2.7.       Cibaduyut Shopping Center Bandung.........................................   14
BAB   III PENUTUP
3.1.   Kesimpulan..................................................................................    15
3.2.   Saran............................................................................................    15
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................    16
LAMPIRAN
1.1.   Gelanggang Samudra....................................................................... 17
1.2.   Dunia Fantasi.................................................................................. 18
1.3.   Museum PP IPTE-TMII.................................................................... 18
1.4.   Kebun Raya Bogor........................................................................... 19
1.5.   Taman Safari Bogor......................................................................... 19





BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah dan menumpuk pengetahuan siswa. Setelah karya wisata, siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan.
Laporan karya ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas VIII SMP Negeri 3 Bawen . dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan Study tour selama 3 hari (Dari tanggal 27-30 Maret 2012).
Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti Study tour ke JAKARTA-BOGOR-BANDUNG diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam laporan karya tulis ini membahas tentang beberapa Obyek wisata dan Obyek Study tour yang berada di JAKARTA-BOGOR-BANDUNG dan sekitarnya.           
B.     Ruang Lingkup
Karya tulis ini di susun berdasarkan pada Study Tour yang telah dilaksanakan di beberapa obyek wisata di Jakarta, Bogor, dan Bandung yaitu         :
Gelanggang Samudra
Dunia Fantasi
Planetarium
Museum PP IPTEK-TMII
Kebun Raya Bogor
Taman Safari Bogor
Cibaduyut Shopping Center
C.     Permasalahan
Dalam penyusunan Laporan karya tulis ini terdapat beberapapermasalahan yang ingin kami sampaikan yaitu sebagai berikut     :
1.        Apa saja wahana yang terdapat di Gelanggang Samudra?
2.        Permainan apa sajakah yang terdapat di Dunia Fantasi?
3.        Bagaimana proses terjadinya Tata Surya?




D.     Tujuan Pemecahan Masalah
Tujuan yang hendak kami capai dalam penulisan karya tulis ini adalah:
1.        Menambah wawasan tentang beberapa wahana yang terdapat di Gelanggang Samudra
2.        Bisa mengetahui permainan di Dunia Fantasi
3.        Untuk mengetahui proses terjadinya Tata Surya
E.      Metode
Metode yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ini adalah         :
·           Metode Observasi
Yaitu dengan melihat langsung Obyek yang dikunjungi atau diteliti.
·           Metode Wawancara
Yaitu cara untuk mendapatkan data dengan tanya jawab
F.      Manfaat
Dalam penyusunan karya tulis ini tentu banyak manfaatnya yaitu antara lain     :
1.      Dapat mengaplikasi pemahaman dan penerapan IPTEK selama ini
2.      Dapat mengenal dan melihat secara langsung Venomena-venomena yang terjadi pada tata surya
3.      Dapat mengetahui tanaman-tanaman langka
G.     Sistematika
Bagian ini menguraikan sistematika penulisan karya tulis untuk SMP secara umum, Keterangan  rinci setiap bagian karya tulis. Sistematik Laporan Widya wisata adalah sebagai berikut     :
Bab I (Pendahuluan) terdiri dari : Latar Belakang Masalah, Permasalahan, Tujuan, Alasan Pemilihan Judul, Metode, Manfaat dan Sistematika.
Bab II (Obyek yang Dikunjungi) terdiri dari : Gelanggang Samudra Ancol, Dunia Fantasi, Planetarium, Museum PP IPTEK-TMII, Kebun Raya Bogor, Taman Safari Bogor, dan Cibaduyut Shopping Center Bandung.
Bab III (Penutup) terdiri dari : Kesimpulan, dan Saran.







BAB II
OBYEK WISATA YANG DIKUNJUNGI
1.      Gelanggang Samudra Ancol
a.         Letak Objek wisata Gelanggang Samudra Ancol
·                Provinsi                : DKI Jakarta
·                Kotamadya           : Jakarta Utara
·                Kecamatan           : Pademangan
b.        Perjalan menuju Objek wisata Gelanggang Samudra Ancol
·                Dari arah Selatan  kota     : Depok
·                Dari arah Utara kota         : Kepulauan Seribu
·                Dari arah Barat kota         : Tangerang
·                Dari arah Timur kota        : Bekasi
c.         Keistimewaan Gelanggang Samudra Ancol
·                Ada beberapa pertunjukan wahana yang unik
·                Dan disana selalu ramai dikunjungi orang
Laporan
            Letak Objek wisata Gelanggang Samudra Ancol terletak di Provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kecamatan Pademangan, lebih tepatnya Desa Ancol. Letaknya sekitar 35 km arah barat dari Bekasi. Dan letak objek wisata Gelanggang Samudra Ancol dekat dengan objek wisata Dunia Fantasi (DUFAN).
            Perjalanan menuju  objek wisata Gelanggang Samudra Ancol dari arah Selatan Kota Depok, dari arah Utara Kepulauan Seribu, bisa juga dari arah Barat Kota Tangerang, dan bisa juga dari arah Timur Kota Bekasi.
            Keistimewaan Gelanggang Samudra Ancol kita bisa melihat wahana-wahana disana seperti Teater 4D, melihat pertunjukan Lumba-lumba dan Paus Putih, pertunjukan Anjing Laut, dan hewan-hewan lainnya yang unik.
Teater 4D
                        Sinema 4D di Gelanggang Samudra Ancol merupan Sinema 4D yang pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara. Dengan kapasitas sebanyak 304 kursi dan ukuran layar 20 m x 18 m serta efek hembusan angin, semburan air dan teknologi getaran kursi, Sinema 4D hadir khusus untuk menghibur kita dan keluarga. Film yang diputar juga sangat edukatif. Kami harus mengantri untuk masuk ke dalam bangunan teater ini. Di dalam, petugas akan membagikan kacamata 3 Dimensi. Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, kami masuk ke dalam teater. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit. Dengan memakai kacamata 3 Dimensi, kita akan merasakan gambar ada di depan kita dan seolah-olah dapat disentuh. Berikut ini merupakan jadwal dari teater 4D :

Jam (Show Time)
Cinema 4D
Turtle Vision
12.00
15.00




Cinema 4D
The Return of Pirates
13.00
16.15




Cinema 4D
Dora Adventure
11.00
13.30
14.00
14.30
15.30
17.30
Karena rombongan kami sampai di Gelanggang Samudra sekitar jam 10.00 WIB, dan kunjungan pertama kami adalah pertunjukan berang-berang, beruang madu, kudanil, dan pertunjukan lumba-lumba maka rombongan dari SMP N 3 Bawen menonton Cinema 4D Dora Advanture.
Pertunjukan Lumba-lumba dan Paus putih
                        Lumba-lumba dan Paus putih  siap beraksi di pentas lumba-lumba. Wahana ini yang sering menjadi favorit bagi pengunjuna Gelanggan Samudra. Tiga orang pelatih yang energik akan memandu aksi dari mamalia laut ini. Lumba-lumba yang pandi meloncat di air dibuktikan dengan diperlihatkan seekor lumba-lumba yang mampu menyentuh bola yang digantung tinggi. Seorang pelatih akan berdiri di punggung 2 ekor lumba-lumba dan mamalia ini akan mengajak pelatihnya berkeliling kolam. Aksi lainnya adalah berenang bersama, dengan memegang siripnya, lumba-lumba menarik pelatih mereka berkeliling kolam menyapa penonton. Lumba-lumba juga pandai berhitung dengan menjawab soal dari penonton. Di bagian akhir, lumba-lumba akan mengepakkan ekor mereka di atas air. Hasilnya, penonton bagian depan akan terkena percikan airnya.
            Sesi kedua dari pertunjukan lumba-lumba dan paus putih adalah aksi 2 ekor paus putih atau disebut Beluga. Merupakan satwa pendatang baru di Gelanggang Samudra. Habitat asalnya, mereka hidup di daerah dingin. Agar sesuai, suhu air kolam sudah disesuaikan dengan habitat asal mereka yaitu 21° Celcius. Aksi mereka antar lain dengan berdansa di dalam air dengan pelatihnya, mereka juga bernyanyi dengan mengeluarkan suara melengking yang merupakan salah satu sarana komunikasi dari satwa ini.
            Mereka juga akan mencium 2 orang penonton terpilih, salah seekor paus putih kemudian akan meminta agar bertukar penonton yang dicium, setelah bertukar, kejutan akan menanti 2 orang tersebut. Moderator juga akan meminta penonton yang ingin memegang paus putih ini untuk mendekat ke pinggir kolam dan byurr.... paus tersebut akan menyemburkan air dari mulutnya kepada mereka. Pada salah satu bagian, paus juga akan  naik di pinggir kolam dekat pelatih untuk mempertunjukkan keseluruhan tubuh mereka. Ini akan menarik perhatian, karena paus putih merupakan mamalia laut besar, dengan wajah lucu mirip lumba-lumba dan dengan kulit licin serta putih yang menarik.
Pertunjukan Anjing laut
Jadwal pertunjukan setelah itu adalah pentas singa laut. Kehadiran 3 ekor singa laut yang berjalan masuk ke arena akan menarik perhatian penonton. Mereka akan mengibarkan bendera sebagai tanda pertunjukan dimulai. Singa laut dapat melakukan gerakan-gerakan yang mengundang tawa seperti sikap hormat dan berguling. Mereka juga akan mempertunjukan kepandaiannya dengan menjawab soal matematika, mengambil bola, berjalan di atas drum dan membawa boneka di atas kolam renang tanpa menjatuhkannya. Sikap dan celoteh dari pelatih semakin menghidupkan pertunjukan. Selesai pertunjukan, Anda dapat minta cium dan berfoto dengan singa laut ini.
2.      Dunia Fantasi
a.         Letak Objek wisata Dunia Fantasi
·         Provinsi : DKI Jakarta
·         Kotamadya : Jakarta Utara
·         Kecamatan : Pademangan
b.        Perjalanan menuju Objek Wisata Dunia Fantasi
·         Dari arah selatan kota      : Depok
·         Dari arah utara kota         : Kepulauan Seribu
·         Dari arah barat kota         : Tangerang
·         Dari arah timur kota         : Bekasi
c.         Keistimewaan Dunia Fantasi
·         Banyak wahana yang bisa kita naiki
·         Dan disana juga bisa menggugah adrenalin kita
Laporan
Letak Objek wisata Dunia Fantasi terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kecamatan Pademangan, lebih tepatnya di desa Ancol, sekitar 35 km arah barat dari kota Bekasi. Dan wisata Dunia Fantasi  dekat dengan objek wisata Gelanggang Samudra Ancol.
Perjalanan menuju objek wisata Dunia Fantasi dari arah selatan kota Depok, dari arah utara Kepulauan Seribu, dapat juga dari arah barat kota Tangrang, dan bisa juga arah timur kota Bekasi.
Keistimewaan Dunia Fantasi kita dapat memainkan wahana-wahana disana, melihat pertunjukan yang bisanya yang sering sekali ditonton oleh orang-orang, dan permainannya yang mengasyikkan.




Karakter/Maskot Dunia Fantasi
·           Dufan: Dunia Fantasi
·           Dufi
·           Kabul: katak gembul
·           Bije: bison jenaka
·           Garin: garuda indonesia
·           Tanit: tapir genit
·           Kombi: komodo gembira
3.      Planetarium
1)        Letak Objek Wisata Museum PP IPTEK-TMII
·         Jl. Cikini Raya No. 73 , Taman Ismail Marzuki ( TIM )
2)        Jadwal Pertunjukan Objek Wisata Planetarium Jakarta
·         Selasa – Jumat                                          : setiap 16:30;
·         Sabtu, Minggu dan Sabtu Libur Nasional : setiap 10:00, 11:30, 13:00, dan 14:30;
·         Jumat Libur Nasional : Setiap                  : 10:00, 11:30, 13:00, 15:00, 16:30;
·         Senin                                                        : TUTUP untuk pemeliharaan;
3)        Keistimewaan Planetarium Jakarta
·      Sarana wisata pendidikan yang dapat menyajikan pertunjukan / peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit
·      tersedia ruang pameran benda- benda angkasa yang menyuguhkan berbagai foto serta keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi
·      menyediakan sarana prasarana observasi benda-benda langit melalui peneropongan secara langsung, untuk menyaksikan fenomena / kejadian-kejadian alam lainnya, seperti gerhana bulan, gerhana matahari, komet dan lain-lain.
Laporan
Planetarium adalah objek wisata yang terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM). JADWAL Pertunjukan ObjekWisata ini mulai dari Selasa sampai Jumat setiap pukul 16.30; Sabtu, Minggu dan Sabtu Libur Nasional setiap pukul 10.00,11.30, 13.00 dan pukul 16.30; Jumat Libur Nasional setiap pukul 10.00, 11.30, 13.00, dan 15.00; untuk hari Senin Objek Wisata ini ditutup karena untuk pemeliharaan benda-benda yan terdapat di sana.
Planetarium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Planetarium tertua ini letaknya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Planetarium Jakarta merupakan sarana wisata pendidikan yang dapat menyajikan pertunjukan / peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Pengunjung diajak mengembara di jagat raya untuk memahami konsepsi tentang alam semesta melalui acara demi acara.
Planetarium Jakarta berdiri tahun 1964 diprakarsai Presiden Soekarno dan diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 1969. Di tempat ini juga tersedia ruang pameran benda- benda angkasa yang menyuguhkan berbagai foto serta keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi, teori-teori pembentukan galaksi disertai pengenalan tokoh-tokoh di balik munculnya teori.
Di ruang pameran ini, ada juga pajangan baju antariksa yang digunakan mengarungi angkasa, termasuk mendarat di bulan. Beberapa peralatan lain untuk pengamatan antariksa turut dipamerkan.
Selain pertunjukan Teater Bintang dan multimedia / citra ganda, Planetarium & Observatorium Jakarta juga menyediakan sarana prasarana observasi benda-benda langit melalui peneropongan secara langsung, untuk menyaksikan fenomena / kejadian-kejadian alam lainnya, seperti gerhana bulan, gerhana matahari, komet dan lain-lain.
4.      Museum PP IPTEK-TMII
a.         Letak Objek Wisata Museum PP IPTEK-TMII
·      Provinsi           : DKI Jakarta
·      Kabupaten       : Kramat Jati
·      Arah                : Sekitar 25 km ke arah barat dari kota Bekasi
b.         Perjalan menuju Objek Wisata Museum PP IPTEK-TMII
·       Dari Arah Selatan Kota          : Depok
·       Dari Arah Utara Kota             : Jakarta Pusat
·       Dari Arah Barat Kota             : Tangerang
·       Dari Arah Timur Kota             : Bekasi
c.         Keistimewaan Museum PP IPTEK-TMII
·      Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur pulau Indonesia
·      Terdapat berbagai macam benda yang bisa kita dapat untuk ilmu
·      Dapat mengetahui para Ilmuwan dunia






Laporan
Letak objek wisata Museum PP IPTEK-TMII terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di Kabupaten Krama Jati. Letaknya sekitar 35 km arah baratdari kota Bekasi.
Perjalan menuju objek wisata  TangerangMuseum PP IPTEK-TMII  dari arah selatan kota Depok, dari arah Utara kota Jakarta Pusat, dari arah Barat kota Tangerang, dan bisa juga dari arah Timur kota Bekasi.
Keistimewaan Museum PP IPTEK-TMII kita bisa belajardan mengamati sebuah danau yang menggambarkan miniatur pulau Indonesia, selain itu terdapat jug berbaai benda yang bisa kita dapat untuk ilmu contohnya adalah Landing Gear Airbus A300-B4, dan juga kita bisa mengetahui para Ilmuwan dunia yang terkenal seperti : Pordirga Swayasa,Albert Ienstein, Gottfried Wilhelm, Sir Isaac Newton, Wilhelm Ostwald, Nicolas Copernicus, Abdus Salam, dan Plato.
Landing gear A300-B4
Landing gear/ roda pesawat adalah penopang utama pesawat pada waktu parkir, taxi (bergerak di darat), lepas landas atau pada waktu mendarat. Tipe paling umum dari landing gear terdiri dari roda, tapi pesawat terbang juga dapat dipasangi float (pelampung) untuk beroperasi di atas air atau ski, untuk mendarat di salju. Landing gear terdiri dari 3 roda, dua roda utama dan roda ketiga yang bisa berada di depan atau di belakang pesawat. Landing gear yang memakai roda dibelakang disebut conventional wheel. Pesawat terbang dengan conventional wheel juga kadang-kadang disebut dengan pesawat tailwheel. Jika roda ketiga bertempat di hidung pesawat, ini disebut nosewheel, dan rancangannya disebut tricycle gearNosewheel atau tailwheel yang dapat dikemudikan membuat pesawat dapat dikendalikan pada waktu beroperasi di darat.
5.      Kebun Raya Bogor
a.         Letak Objek Wisata Kebun Raya Bogor
·      Provinsi           : Jawa Barat
·      Kota                : Bogor
b.         Keistimewaan Kebun Raya Bogor
·       Terdapat 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan
·       Terdapat Museum di sekitar Kebun Raya Bogor





LAPORAN
Objek Wisata Kebun Raya Bogor terletak di Provinsi Jawa Barat lebih tepatnya Kota Bogor. Objek Wisata ini Berdekatan dengan Istana Presiden.
 Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor,Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Contoh pohon dan tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor adalah sebagai berikut   :
·           Kecombrang
·           Pohon Kelapa Sawit
·           Serai Wangi
·           Evodia
Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense,Museum Zoologi Bogor.
Kecombrang
Kecombrang adalah tanaman yang kuncup bunganya berwarna merah biasa dipakai untuk memasak sayur lodeh, lalapan, ataupun sebagai bahan untuk bumbu rujak ataupun sambal yang dimakan bersama ikan bakar. Aromanya yang wangi dan menyegarkan membuat nikmat orang yang menyantapnya. 
Bunga kecombrang yang masih kerabat dekat jahe, kunyit, ataupun temulawak itu mempunyai nama ilmiah Etlingera alatior (Jack) R.M.Smith merupakan anggota suku Zingiberaceae .
Kecombrang adalah tanaman berimpang, daunnya panjang dan berwarna hijau kemerahan bisa mencapai 6 m, tangkai daunnya menyerupai batang dan keras, tepi daun bergelombang. Bunganya berbentuk seperti gasing, bertangkai berwarna merah jambu atau merah tua, muncul dari pangkal rimpang serta tumbuh tegak dan berbau wangi. Buahnya yang berjejalan dalam tongkol berbentuk persegi empat dan berwarna hijau kemerahan serta beraroma wangi pula. Bijinya banyak dan berwarna coklat kehitaman.
Kecombrang biasanya tumbuh di hutan primer ataupun sekunder, dipinggir hutan dan kini kecombrang sudah dibudidayakan. E. Alatior menyukai tempat yang terbuka, banyak tumbuh di daerah dataran rendah kadang ditemukan juga pada ketinggian 1.300 m dpl.
Tanaman berimpang ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan karena dapat membersihkan darah, peluruh kencing, melancarkan asi juga dapat mengharumkan badan, rebusan batangnya dapat menghilangkan meriang. Bunga kecombrangpun dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk, karena nyamuk tidak menyukai aroma dari kecombrang.

Bunga Bangkai
Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai  (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.
Serai wangi
Serai wangi adalah bumbu dapur yang biasa digunakan ibu-ibu bila memasak, juga bisa dimanfaatkan sebagai jamu. Serai wangi merupakan tumbuhan berumpun dengan tinggi sekitar 50 – 100 cm. Serai wangi yang mempunyai nama latin Cymbopogon nardus (L.) Rendl., adalah anggota keluarga rumput-rumputan atao Poaceae. Daunnya tunggal berjumbai yang panjangnya dapat mencapai 1 m. Batangnya yang berwarna putih tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek.
Tanaman yang mempunyai akar serabut ini tidak disukai oleh nyamuk karena serai wangi mengandung geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen alcohol, asam-asam organic juga sitronelal. Sitronelal merupakan zat yang memiliki sifat racun kontak yang mana dapat menyebabkan kematian pada nyamuk oleh karena nyamuk kehilangan cairan tubuh secara terus menerus.
Serai wangi amat mudah untuk diperbanyak yaitu dengan memisahkan stek anakannya dengan cara memecah rumpunnya.
Pembuatan ekstrak serai wangi untuk mengusir nyamuk dengan jalan menghaluskan serai kemudian didiamkan semalam, saring kemudian tambahkan air atau aquades masukan dalam alat penyemprot, lalu semprotkan diruangan yang banyak terdapat nyamuk. Serai wangi selain dapat mengusir nyamuk secara tradisional dapat pula digunakan sebagai campuran air mandi bagi penderita rematik, sebagai obat anti septic, meredakan sakit kepala, obat demam, pencegah muntah, mengatasi gigitan serangga juga dapat melepaskan gigitan lintah.





Evodia Suaweolens (Rutaceae)
Satu lagi tanaman yang tidak disukai nyamuk, namanya Evodia suaveolens dikenal dengan sebutan Zodia. Zodia adalah tanaman endemic Papua dimana orang Papua biasa menggunakan daunnya dengan cara mengusapkan kesekujur tubuhnya sebelum masuk ke hutan agar terlindungi dari gigitan nyamuk.Zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan atau Rutaceae yang tingginya antara 50 – 200 cm bila ditanam di halaman dan mampu hidup di ketinggian 400-1000 m dpl. 
Zodia mempunyai daun yang cantik , warnanya hijau agak kekuningan, bentuknya pipih dan lentur. Bunganya putih kecil-kecil bergerombol.
Zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Minyak yang disuling dai zodia mengandung linalool dan apinene. Linalool inilah yang berfungsi dan mampu mengusir nyamuk dengan daya halaunya mencapai 6 jam. Selain mampu mengusir nyamuk, menurut para ilmuwan kini zodiac dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh sakit kepala, disentri, serta pembunuh sel kanker, bunganya pun bila digosok dapat mengobati masuk angin.
Zodia akan mengeluarkan aroma bila daunnya saling bersinggungan, oleh karena itu zodia biasa ditempatkan pada ruang yang dekat dengan sirkulasi angin yang masuk pada ruangan. Jangan sekali-sekali meletakkan zodia dalam ruangan yang sempit dan tidak baik sirkulasi udaranya, karena dapat mengakibatkan mabuk atau pusing pada orang yang berada di dalamnya. Zodia umumnya ditanam secara indoor plant dalam pot tapi dapat juga ditanam di halaman rumah di bawah jendela agar aromanya semilir masuk ke dalam ruangan. Memperbanyak zodia dengan jalan stek ranting ataupun biji. Bijinya akan jatuh di sekitarnya bila bunga sudah cukup tua.








6.      Taman Safari Bogor
a.         Letak Objek Wisata Taman Safari Bogor
·       Provinsi           : Jawa Barat
·       Kota                : Bogor
·       Kecamatan      : Cisarua
·       Desa                : Cibeureum
b.         Keistimewaan Objek Wisata Taman Safari Bogor
·       Terdapat berbagai macam jenis Binatang yang dilindungi
·      Kita bisa berfoto dengan hewan contoh         : Monyet, Harimau Putih, Macan Tutul
Dan Lain-lain
·       Pertunjukan Wild-Wild West
Laporan
Objek Wisata Taman Safari Bogor terletak di Provinsi Jawa Barat Kota Bogor Kecamatan Cisarua dan lebih tepatnya Desa Cibeureum.
Objek Wisata Bogor adalah salah satu Objek Wisata yang mengoleksi beragam jenis binatang ini di antaranya, safari park, Taman Burung, Animal education show, Prates dan Replites, Babby zoo, Kincir Raksasa, Gajah dan Kuda tunggang, Safari Trek, Caravan & hotel, dan Wild-Wild West.
Untuk wahana yang disebut terakhir ini, merupakan wahana yang menarik untuk di saksikan. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi, dengan atraksi koboi yang memukau. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari, selama lebih kurang 15 menit. Selain wahana tersebut, ada lagi wahana menarik lainnya, seperti di baby zoo, di wahana ini Anda bisa berfoto bersama dengan harimau putih, macan tutul, orang utan dan lain-lain.
Salah satu wahana dan program baru di TSI adalah Elephant Adventure. Program tersebut mengajak para pengunjung dengan menunggang di atas punggung gajah mengelilingi kawasan TSI selama hampir satu jam. Setiap ekor gajah didampingi oleh pawangnya dan bisa ditumpangi empat orang dewasa.  Gajah tersebut akan melewati jalan yang berumput, dan melewati arus air sehingga pengunjung benar-benar bisa menikmati panorama alam yang ada di TSI.




Wild-wild West
Selama ini Anda mungkin sering melihat atraksi koboi dalam film di televisi. Adegan kejar-kejaran, saling tembak dan adu mulut tersebut tentunya menjadi tontonan menarik dan menjadi hiburan di rumah.
Tapi pernahkah Anda menyaksikan atraksi koboi itu secara langsung? jika ingin melihatnya, Anda tak perlu jauh-jauh ke negeri asalnya di Amerika sana, tapi cukup ke Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Bogor. Di TSI Anda bisa menyaksikannya pada wahana Wild-Wild West yang ada di bagian belakang TSI. Untuk menyaksikan pertunjukan tersebut, pengelola TSI tidak memungut biaya, alias gratis. Anda cukup membayar tiket tanda masuk di gerbang depan TSI.
Pertunjukan koboi ini digelar setiap hari pada pukul dua siang. Penonton disediakan tempat duduk di tribun dengan setting setengah melingkar. Jadi semua pertunjukan bisa terlihat jelas dari atas tribun. Suara ringkihan kuda, pistol dan dinamit para koboi, seakan berada begitu dekat, karena efek dari sound system yang dipasang.
7.      Cibaduyut Shopping Center Bandung
a.    Letak Cibaduyut Shopping Center Bandung
·      Provinsi                       : Jawa Barat
·      Kota                            : Bandung
b.    Keistimewaan Cibaduyut Shopping Center Bandung
·       Terdapat berbagai aksesoris seperti : Tas, Sepatu, Pakaian, dan lain-lain
·       Harga barang disana bervariasi
Laporan
             Cibaduyut Shopping Center terletak di Provinsi Jawa Barat Kota Bandung atau di daerah selatan Bandung kira-kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentra sepatu kulit.
             Keistimewaan dari Cibaduyut adalah disana terdapat toko-toko yang menjual berbagai aksesoris seperti Tas, Sepatu, Pakaian, dan lain-lain. Selain itu di Cibaduyut menjual makanan khas Bandung sebagai oleh-oleh Bandung.
Tidak jauh dari jalan Cibaduyut Bandung terdapat terminal Bus Leuwih panjang, yang bisa memudahkan para pengunjung yang menggunakan alat transportasi untuk mengunjungi Cibaduyt Bandung. Jika Cibaduyutterkenal akan sentra sepatu dan tas ada wilayah lain yang juga terkenal dengan produk Jeans yaitu Cihampelas Bandung.




BAB III
PENUTUP
1.        Kesimpulan
Dengan adanya pembuatan karya tulis ini kami dapat memperoleh manfaat yang akan kami jadikan elatihan di perguruan tinggi nantinya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami semua. Serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yang telah kami terima.
Dan dari beberapa obyek yang telah kami kunjungi maka dapat kami simpulkan bahwa obyek-obyek itu mempunyai potensi dan manfaat dalam berpatisipasi pada pembangunan bangsa dewasa ini pada masa yang akan mendatang, khususnya di bidang pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.
Masing-masing obyek yang kami kunjungi mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga tiap-tiap obyek mempunyai manfaat dan daya guna yang lebih luas.
2.        Saran
Dengab harapan dapat berkarya wisata dengan baik pada waktu yang akan datang, maka saran-saran yang kami berikan dan kami tujukan kepada dua belah pihak, yaitu pihak pengelola obyek wisata dan pihak penyelenggara karya wisata (SMP Negeri 3 Bawen).
Untuk pihak pengelola di setiap obyek wisata masih terdapat beberapa keadaan dan prasarana yang diperlukan sebagai penunjang obyek-obyek tersebut antara lain   :
a.         Adanya buku-buku petunjuk dari obyek wisata masih terdapat keterangan tentang obyek tersebut, sejarah didirikannya, aturan-aturan yang harus dipatuhi dan lain-lain.
b.        Prasarana dan fasilitas di kawasan obyek wisata di tingkatkan dan ditempatkan dintempat yang strtegis untuk  keadaan yang mendesak.
Untuk SMP Negeri 3 Bawen selaku penyelenggara karya wisata, maka perlu kiranya untuk     :
a.         Menambah waktu kunjungan di setiap obyek wisata, sehingga siswa mendapatkan data-data yang lengkap. Dengan penambahan waktu diharapkan dapat menggali dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang obyek wisata tersebut.
b.        Rencana dipersiapkan dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Daftar Pustaka

April 2011 Cibaduyut. http://bandung.jacktour.com/2011/04/cibaduyut.html

Gelanggang Samudra Ancol 2009 Singa Laut, Lumba-lumba, Sinema 4D. http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/209-gelanggang-samudra-ancol.html

Halaman ini terakhir diubah pada 11.58, 5 Februari 2012. Kebun Raya Bogor. http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Raya_Bogor

Halaman ini terakhir diubah pada 20.59, 2 Maret 2012. Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan. http://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_Peragaan_Ilmu_Pengetahuan_dan_Teknologi

Halaman ini terakhir diubah pada 22.37, 11 Mei 2012. Dunia Fantasi. http://id.wikipedia.org/wiki/Dunia_Fantasi

Halaman ini terakhir diubah pada 07.40, 14 Mei 2012. Planetarium dan Observatorium Jakarta. http://id.wikipedia.org/wiki/Planetarium_dan_Observatorium_Jakarta

Halaman ini terakhir diubah pada 19.41, 29 Mei 2012. Taman Safari Indonesia. http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Safari_Indonesia

Halaman ini terakhir diubah pada 02.57, 30 Mei 2012 Taman Impian Jaya Ancol. http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Impian_Jaya_Ancol