Sabtu, 20 Oktober 2012

CARA MEMBUAT LAPORAN PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN)


DAFTAR ISI

TATA TERTIB PKL……………………...……………………………..…….…. ..i
LEMBAR PENGESAHAN
…………………………..………………….…............ii
IDENTITAS SISWA
..……………………………..….………………………........iii
IDENTITAS PERUSAHAAN  
…………………………………………..…..........iv
KATA PENGANTAR 
…………………..………………………….………………v
DAFTAR ISI 
…………………………..……………………..…………………….vi
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang PKL…………………………..…….…………..………….....7
B.   Latar Belakang Masalah…………………………....…………..……….…..…7
C.   Tujuan PKL.…..………………………….…......…………………...……...…7
D.  Tujuan Pembuatan Laporan………..…………………...………….………….7
E.   Manfaat Pembuatan Laporan …………….………………………….………..8
F.    Teknik Pengumpulan Data  ………………………………………..………….8
G. Sistematik Pembuatan Laporan ……………………..………………...……….9

BAB II  GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 

A.    Sejarah Singkat BP2IP Tangerang………………………………..……..……10
B.    Visi Dan Misi BP2IP Tangerang……………………………………………..10
C.    Lokasi BP2IP Tangerang…………………………..……………..…………11
D.    Pendidikan & Pelatihan yang ditawarkan……………….…………....………12

BAB III LAPORAN KEGIATAN
A.    Deskripsi kegiatan prakerin…………………………….……………………14
B.    Laporan kegiatan yang di laksanakan....…….…………..……..............…….15

BAB IV  PENUTUP 
A.    Kesimpulan ………………………….………......…..….……...…………….27
B.    Saran – saran…………………………………………..….......…..…………..27

 LAMPIRAN - LAMPIRAN








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang PKL
Dengan diwajibkannya siswa untuk melakukan praktek kerja lapangan (PKL) setelah dimana setelah pelaksana kegiatan tersebut siswa diwajibkan untuk membuat laporan yang dimana laporan tersebut sebagai bukti kegiatan siswa selama melakukan PKL selama waktu tertentu juga sebagai pengalaman di dunia usaha setelah lulus nanti.

B.     Latar Belakang Masalah
Pengaruh pada era Globalisasi membawa dampak ganda yaitu disatu sisi era ini membawa iklim yang semakin terbuka untuk bekerja sama dalam bidang bisnis dan managemen, disisi lain era ini juga membawa persaingan yang sangat ketat dibidang teknologi.Oleh karena itu, kita sebagai penerus dimasa yang akan datang harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat. Salah satu upaya yang dilakukan SMK Negeri 5 Kab. Tangerang adalah dengan mengadakan salah satu program praktek kerja industri.

C.    Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL), didalamnya memiliki berbagai macam tujuan antara lain :
     Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan Propesional yaitu tenaga kerja yang memiliki kemampuan baik dibidang pengetahuan maupun keterampilan kerja.Mendorong siswa untuk berjiwa swasta dan mandiri. Untuk mendapat wawasan dan pengalaman sebagai bahan perbandingan antara teori yang di dapat disekolah dengan di tempat praktek kerja yang sesungguhnya.
Memberikan penghasilan dan remidiasi social bagi sebagian pelajar yang kurang mampu.

D.    Tujuan Pembuatan Laporan
     Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa / siswi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Adapun tujuan dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL), antara lain :
     Menghasilkan ilmu teori yang didapat di sekolah dengan langsung turun ke dalam dunia usaha. Untuk mendapatkan pengalaman sebagai bahan perbandingan antara teori yang didapat di sekolah dengan Praktek kerja yang sesungguhnya.
Meninggalkan kreativitas siswa/siswi dalam penulisan yang
v bersifat Objektif dan ilmiah.

E.     Manfaat PKL
     Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan (PKL), ilmu yang diperoleh dari sekolah dapat dirasakan manfaatnya dan dikembangkan dilapangan, dan siswa juga mendapatkan wawasan baik disekolahan maupun di perusahaan.

F.     Teknik Pengumpulan Data
     Sebagaimana kita ketahui untuk bisa menyusun laporan yang baik, maka dibutuhkan data serta informasi – informasi yang akurat. Sesuai dengan permasalahan yang dibahas, untuk memudahkan pembahasan, metode yang dilakukan adalah :
1.    Study Literatur
 Penulis mengumpulkan data bahan dari sumber yang berhubungan dengan   objek yang di bahas

2.    Study Lapangan
 Penulis melakukan dengan cara terjun langsung keperusahaan yang menjadi pokok pembahasan. Sehingga memperoleh data yang di perlukan untuk menyusun tugas study lapangan ini meliputi :

a.       Wawancara
Mengadakan tanya jawab denga pihak perusahaan guna memperoleh data langsung yang diperlukan untuk menyusun laporan ini.
b.      Observasi
penulis melakukan pengamatan secara langsung terjun dalam dunia kerja yang sebenarnya, sehingga penulis tidak hanya mendapat gambaran belaka.
    
G.    Sistematika Pembuatan Laporan
Agar tidak menyimpang dari judul yang di berikan, maka dalam pembahasan laporan ini, penulis melakukan pembahasan dengan sistematik pembuatan laporan.



BAB II
POKOK BAHASAN

A. Sejarah BP2IP Tangerang
BP2IP Tangerang adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan maritim di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Perhubungan. Pembangunan BP2IP Tangerang dimulai 27 Oktober 2002 di atas lahan yang luasnya kurang lebih 18000 meter persegi.dan diselesaikan 27 Pebruari 2004. BP2IP Tangerang telah diresmikan pengoperasiannya, berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan, KM. No. 45 tanggal 16 Oktober 2003, oleh Presiden RI, Ibu Megawati Sukarnoputri pada tanggal 27 Pebruari 2004.
Pengoperasian BP2IP Tangerang ditujukan untuk penyediaan jasa pendidikan dan pelatihan di bidang maritim bagi para generasi muda pada tingkat menengah dan dasar yang disesuaikan dengan peraturan international, STCW 1978 amended 1995.
B. Visi Dan Misi BP2IP Tangerang

Visi dan misi BP2IP Tangerang yaitu :
Visi
Menghasilkan pelaut dengan keunggulan daya saing kompetensi, sesuai Standar Nasional dan Internasional.

Misi
1.         Meningkatkan efektifitas pencapaian standar kompetensi peserta didik.
2.         Meningkatkan kemitraan kerja dan usaha dengan Perusahaan Pelayaran, Industri
Maritim, Organisasi Profesi Pelaut, Lembaga Pendidikan dan Instansi terkait.
3.                  Mengoptimalkan sumber daya pemeliharaan dan pengembangan fasilitas Diklat.
4.         Mengembangan jaringan pemasaran lulusan BP2IP Tangerang di Kawasan Regional dan
wilayah Internasional.
5.                  Terus menerus meningkatkan keunggulan kualitas kinerja organisasi, agar pada waktunya
mampu memberikan pelayanan berkualitas kompetitif dan nilai tambah serta nilai guna kesejahteraan bagi Sivitas Akademik BP2IP Tangerang.

C. Lokasi BP2IP Tangerang

BP2IP Tangerang terletak di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Kampus BP2IP Tangerang berjarak kurang lebih 20 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta.
Untuk mencapai BP2IP Tangerang, terdapat beberapa rute perjalanan yang dapat ditempuh. Lebih rinci rute tersebut dijelaskan di bawah ini lengkap dengan petunjuk jenis alat angkut yang digunakan

Rute 1
No.
Rute
Alat angkut
1
Dari berbagai arah jurusan angkutan, tuju terminal bus Kalideres
2
Dari Kalideres ambil arah ke pintu air Tangerang dan turun di Pintu Air.
Angkutan umum kijang jurusan Kalideres-Kutabumi.
3
Kemudian ambil arah ke Teluk Naga dan turun di tempat mangkal angkot Tanjung Kait
Angkutan umum isuzu jurusan Pasar Anyar - Teluk Naga.
4
Kemudian naik angkot ke Tanjung Kait dan turun di BP2IP Tangerang
Angkutan umum jurusan Teluk Naga-Tanjung Kait.


Rute 2
No.
Rute
Alat angkut
1
Dari berbagai arah jurusan angkutan, tuju Bandara Soekarno-Hatta baik terminal 1 ataupun terminal 2
‘DAMRI’ Airport Bus
2
Dari bandara tersebut naik angkutan bandara ke arah pintu selatan bandara (M1).
Angkutan umum kijang full AC jurusan Bandara -Pintu Selatan (M1)
3
Kemudian ambil arah ke Teluk Naga dan turun di tempat mangkal angkot Tanjung Kait
Angkutan umum isuzu jurusan Pasar Anyar-Teluk Naga.
4
Kemudian naik angkot ke Tanjung Kait dan turun di BP2IP Tangerang
Angkutan umum jurusan Teluk Naga-Tanjung Kait.

D. Pendidikan dan Pelatihan Lain Yang Ditawarkan
BP2IP Tangerang menawarkan juga Diklat lain seperti pengenalan Diklat laut, praktek SMK swasta, Diklat untuk instruktor seperti IMC 6.09 dan IMC 3.12. Selain itu BP2IP juga melaksanakan Diklat sesuai permintaan pelanggan sebagai wujud pelayanan terhadap masyarakat.
1. Program DTPN - I (AN -IV / AT – IV)
·       lama Diklat 6 (enam) semester
·       program belajar 4 (empat) semester di kampus , 2 (dua) semester praktek Laut di Kapal Niaga GT > 500 untuk Nautika dan kW > 750 untuk Mesin
2. Program DTPN - I (AN –V / AT – V)
·       lama Diklat 4 (empat) semester
·       program belajar 2 (dua) semester di kampus , 2 (dua) semester praktek Laut di Kapal Niaga GT < 500 untuk Nautika dan kW < 750 untuk Mes
3. Program DTPD (AN-D / AT-D)
·       lama Diklat 9 (sembilan) bulan
·       program belajar 3 (tiga) bulan di kampus , 6 (enam) bulan praktek Laut di Kapal Niaga.
4. Kinerja Diklat
·       Asrama terdiri dari Kamar tidur, Iemari pakaian, shower toilet, ruang cuci, musholah dan Sport hall;
·       diklat di kampus terdiri dari kelas, practice building, engine hall, cargo handling equipment, sekoci dayung, sekoci bermesin, rescue boat, jetty dan water pit ;
·       Bahan ajar Sesuai Standar Mutu kepelautan ;
·       Instruktur/Pengajar berpengalaman dan memenuhi STCW 1978 dan perubahannya ;
·       Praktek Laut Kapal niaga lebih besar 500 GT dan tenaga penggerak lebih besar dari 750 kW ;
·       Evaluasi dan Evaluasi program tiap semester dan assesmen kompetensi tiap fungsi standar kompetensi ;
·       Standar mutu Sistem Standar Mutu Kepelautan Indonesia Tahun 2003 ;




BAB III
LAPORAN KEGIATAN

A.       Deskripsi kegiatan prakerin
        Tugas Unit evaluasi dan sertifikasi:
a)        Mengurus pelaksanaan penilaian proses pembelajaran dan ujian – ujian.
b)        Menyiapkan administrasi kegiatan penilaian dan ujian – ujian.
c)        Mengkoordinir penyiapan naskah ujian.
d)       Menghimpun nilai – nilai hasil penilaian dan ujian.
e)        Menyiapkan penerbitan daftar nilai hasil penilaian dan ujian – ujian.
f)         Mengurus ujian – ujian ulangan.
g)        Mengumumkan hasil penilaian dan ujian – ujian.
h)        Melakukan identifikasi dan penelusuran kebenaran dokumen persyaratan  peserta diklat.
i)          Menyiapkan penerbitan daftar periksa penerbitan ijazah, STTPK, sertifikat DKKP dan
sejenisnya.
j)          Mengurus daftar penerbitan ijazah, STTPK, sertifikat DKKP dan sejenisnya.
k)        Mengurus penerbitan dan legalisir ijazah, STTPK dan sertifikat DKKP serta sertifikat
keahlian pelaut.
 l)          Melakukan distribusi Transkip nilai, ijazah, STTPK dan sertifikat DKKP atau sejenisnya.
 m)       Mengurus penerbitan sertifikat keahlian pelaut. 
 n)     Mengurus dokumen Unit evaluasi dan sertifikasi.
o)         Melakukan tugas lain yang berhubungan dengan urusan unit evaluasi dan sertifikasi.





B.        Kegiatan yang dilaksanakan
LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKAN KERJA LAPANGAN
BULAN DESEMBER 2010-2011

Nama    : Nurfikah Arfiana Hardi
Nis        : 0910.1609
Minggu : 1 (kesatu)
Tanggal : 20 Desember 2010 s/d 24 Desember 2010
01. Senin, 20 Desember 2010:
·      Menyusun data UAS & UTS semester I
·      Menyimpan data UAS & UTS semester I
·      Menulis peraturan-peraturan kelulusan di BP2IP
·      Menyusun data UAS & UTS semester I
·      Menyimpan data UAS & UTS semester I
02.Selasa, 21 Desember 2010:
·     Menyusun daftar remedial semester I
·      Memasukan daftar nilai UTS & UAS ke computer
·      Menge-print daftar nilai UTS & UAS semester I
·      Menulis data anak yang PKL di BP2IP
·      Mengantarkan surat ke Kanit Evaluasi
·      Mengantarkan surat ke unit pengajaran
03. Rabu, 22 Desenber 2010:
·      Mem-foto copy
·      Me-stempel
·      Menempelkan foto ke sertifikat
·      Menyusun data
04. Kamis, 23 Desember 2010:
·         Membuat absensi
·         Menyusun data UTS & UAS
05. Jum’at,24 Desember 2010:
·         Libur (cuti bersama)

BAB IV
PENUTUP

A.           Kesimpulan
Dengan selesainya penulisan laporan PKL, dipencanakan dan mengembangkan BP2IP TANGERANG maka pengambilan kesimpulan sebagai berikut :
1.        Dengan adanya PKL ini merupakan salah satu keuntungan bagi siswa-siswi karena dapat  
mengikuti keterampilan di bidang tenaga kerja.
2.        PKL mendapat gambaran tentang situasi yang sebenarnya pada siswa yang mengakhiri
sekolahnya guna mempersiapkan diri agar tidak kaku bila nanti terjun kedunia industri.
3.        PKL adalah tahap penyesuaian yang baik bagi siswa-siswi terhadap dunia kerja yang
sebenarnya.

B.            Saran – Saran
1.        Saran Untuk Pihak Perusahaan
·           Perusahaan bisa mempertahankan dan menjalankan kedisiplinan
·           Agar lebih meningkatkan jalinan hubungan penerima siswa-siswi dalam hal PKL dari
sekolah ke perusahaan
·           Pihak perusahaan dapat melayani siswa-siswi yang ingin PKL dengan baik
·           Agar perusahaan menyediakan alat dan bahan praktek bagi siswa yang melaksanakan
PKL
2.        Saran Untuk Pihak Sekolah
·           Perlu adanya sifat yang ahli mendidik dan mengarahkan siswa-siswi dalam bidangnya.
·           Pihak sekolah harus mempunyai hubungan luas dengan pihak industri sehingga mempermudah siswa – siswa dalam melaksanakan PKL.




CARA MEMBUAT LAPORAN PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN)

Praktek Kerja Lapangan adalah suatu persyaratan yang harus dilaksanakan bagi siswa SMK agar lulusan minimal mempunyai pengalaman awal dalam dunia pekerjaan. Setelah melaksanakan PKL siswa dituntut untuk membuat laporan PKL.
Berikut ini adalah cara membuat Laporan PKL :
Pertama saya akan uraikan struktur laporan PKL
1. BAB I ( Pendahuluan )
a. Latar Belakang
b. Tujuan
c. Kerangka Laporan
2. BAB II ( Tinjauan Umum)
a. Sejarah singkat mengenai tempat praktek kerja lapangan
b. struktur organisasi
c. proses kerja
3.  BAB III ( JENSI DAN URAIAN KEGIATAN )
a. tergantung jenis pkl
b Uraian
4. BAB IV Tinjauan
a.  Tinjauan umum
b Tinjauan khusus
ditulis berdasarkan pendapat yang diambil dari buku dan sumber orang yang terpercaya (ahlinya)
5 BAB V Penutup
a. Kesan
b. Pesan
c. Kesimpulan
EX : Desta Nursanja Pohan

13 komentar:

  1. Oke Gan, langsung di ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Makasih atas bantuannya ya...


    By : My Profit Business

    BalasHapus
  2. maksih banyak yach atas ibformasi yag te;ah di berikan

    BalasHapus
  3. wah.. bagus nih laporannya. kebetulan sedang cari bahan untuk nyusun laporan kelompok ane. dan juga memberikan inspirasi yang berharga buat ane pribadi hehe. terima kasih banyak ya gan hehe

    BalasHapus
  4. mantapp....nambah lage nihhh ilmu...

    BalasHapus
  5. Wah mantab mekasih gan. Ane lagi kebingungan bikin jurnal, untung ada blog ini :D

    BalasHapus
  6. wah bagus laporan ya...siapa dulu yg buat, nurfikah AH...hehe

    BalasHapus
  7. terima kasih sob, kebetulan ada tugas dari sekolah jadi sedikit terbantu !

    BalasHapus
  8. Bagus gan, Sangat Membantu, Makasih banyak...
    Izin Copas ya gan...

    BalasHapus
  9. sedikit membantu karna topik bahasannya berbeda.

    BalasHapus
  10. Since they run with practically no issues more often than not, it very well may be not difficult to fail to remember that water warmers need customary support to assist you with capitalizing on them. As a matter of fact, overlooking the signs that your see this here should be fixed is one of the most widely recognized explanations behind disappointment of them, which can be convoluted and exorbitant to supplant.

    BalasHapus
  11. Let`s seat up, to get energize with latest news at Effess Empire. Interested to read Technology, political, health news. Let`s get inside.

    BalasHapus